Cara Memilih Catu Daya Komputer

Apa singkatan dari “ATX”? ATX adalah singkatan dari Advanced Technology eXtended. Singkatnya, ini mendefinisikan seperangkat standar dalam pengukuran dan bentuk yang membantu membuat hal-hal seperti catu daya komputer dapat dipertukarkan satu sama lain.

ATXPowerSupplies.Com menulis artikel ini tentang memilih catu daya yang tepat untuk komputer Anda untuk membantu Anda dalam proses pengambilan keputusan. Apakah Anda membeli catu daya untuk komputer baru Anda atau hanya mengganti yang lama, kami berharap ini akan membantu dalam proses pemilihan.

Pertanyaan pertama untuk ditanyakan pada diri sendiri adalah, “Apakah catu daya saya merupakan faktor bentuk ATX?”. Jika Anda memiliki informasi ini tersedia maka proses seleksi jauh lebih mudah. Informasi terkadang dicap di suatu tempat pada catu daya atau mungkin terkandung dalam manual untuk komputer Anda yang ada. Jika Anda sedang mencari catu daya ATX pastikan catu daya adalah faktor bentuk ATX, bukan mikro ATX atau lainnya.

Mungkin metode yang paling sering digunakan dalam memilih catu daya adalah membandingkan dimensi fisik. Pastikan casing komputer Anda dapat mengakomodasi Tinggi, Lebar, dan Kedalaman catu daya. Jika Anda mengganti catu daya yang ada, lakukan pengukuran sebelum Anda membuangnya. Lihatlah grafik di atas untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang Tinggi, Lebar, dan Kedalaman. Jika catu daya Anda jauh lebih kecil dari ukuran khas catu daya atx kami, maka mungkin saja Anda memiliki catu daya mikro atx. Jika Anda merasa memiliki catu daya mikro atx maka Anda dapat membandingkan dimensinya dengan catu daya mikro atx 200W kami.

Setelah Anda memilih catu daya Anda berdasarkan dimensi fisik, Anda perlu melihat konektor apa yang Anda butuhkan pada catu daya Anda. Catu daya yang berbeda memiliki konektor yang berbeda sehingga yang terbaik adalah memilih satu dengan konektor yang memenuhi setiap kebutuhan Anda. Tidak apa-apa jika Anda membeli catu daya dan tidak menggunakan beberapa konektor. Anda bisa membiarkannya menggantung tidak terhubung. Di bawah ini adalah gambar dari beberapa konektor yang umum ditemukan pada catu daya atx:
konektor atx

Konektor ATX 20 pin – Konektor ATX 20 pin agen slot online terpercaya yang dimasukkan ke motherboard atx. Jika motherboard Anda memiliki slot untuk konektor 20 pin yang ditunjukkan pada grafik, Anda hampir 100% yakin bahwa catu daya ATX diperlukan untuk motherboard Anda.

Pastikan untuk memperhatikan jumlah pin. Pada beberapa komputer, kami menemukan bahwa konektor ini berisi 24 pin, bukan 20.

Konektor ATX 24 pin – Beberapa motherboard komputer memerlukan Konektor ATX 24 pin. Mengingat pengalaman kami sebelumnya, kami menyarankan untuk membeli catu daya dengan konektor 24 pin bawaan daripada konverter yang mengubah 20 pin menjadi 24 pin. Konverter cenderung memiliki distribusi daya yang buruk sementara catu daya dengan konektor 24 pin terpasang akan diberi daya langsung dari catu daya.

Konektor P4 – Sebagian besar motherboard yang memiliki prosesor Intel Pentium 4 akan memiliki slot di papan untuk konektor P4 ini. Jika motherboard Anda memiliki slot ini, pastikan Anda mendapatkan catu daya dengan konektor P4 di atasnya. Jika motherboard Anda tidak memiliki slot untuk konektor ini, Anda masih boleh membeli catu daya dengan konektor ini, dan membiarkan konektor P4 tidak tersambung.

Konektor IDE 4 pin – Ini adalah konektor IDE yang memasok daya ke hard drive dan cdrom Anda. Sebagian besar catu daya atx memiliki 4 konektor jenis ini. Jika Anda membutuhkan lebih dari 4 konektor, sebaiknya beli y-splitter untuk menambah jumlah konektor. Membeli catu daya dengan lebih dari 4 konektor seringkali jauh lebih mahal daripada membeli y-splitter.

Konektor floppy 4 pin Floppy Connector – Konektor floppy 4 pin memasok daya ke floppy drive yang mungkin ada di komputer Anda. Beberapa drive pembaca kartu juga menggunakan koneksi ini. Sebagian besar catu daya atx memiliki dua konektor ini.

6 konektor AUX – Lihat motherboard Anda dan lihat apakah ada slot yang menerima konektor AUX 6 pin. Jika ada slot untuk itu maka kemungkinan Anda akan membutuhkannya.

Konektor sata – Hard drive dan perangkat lain dengan konektor sata seperti yang ditunjukkan di sini menjadi semakin populer. Kami tidak yakin persis apa keuntungan dari teknologi ini, tetapi jika Anda memiliki perangkat di komputer Anda yang menggunakan konektor sata, Anda akan memerlukan catu daya dengan konektor sata.

Anda perlu tahu berapa banyak kekuatan yang akan Anda butuhkan. Tidak apa-apa untuk membeli catu daya yang lebih besar dari yang diperlukan karena catu daya akan turun ke kebutuhan daya Anda. Di sisi lain, membeli catu daya yang terlalu kecil untuk kebutuhan Anda akan mengganggu. Banyak kali orang akan mengeluh komputer mereka reboot tanpa alasan sama sekali. Sembilan dari sepuluh alasan untuk ini adalah catu daya yang terlalu kecil. Banyak perusahaan yang menjual komputer akan memasang catu daya berukuran kecil untuk menghemat uang dan meningkatkan margin keuntungan. pembeli berhati-hatilah